Tika Rafika Nurdianti, - (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA BPJS DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUP FATMAWATI (Survei pada Pelanggan Pengguna BPJS di Instalasi Rawat Jalan RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (917kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (934kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (909kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang melakukan penelitian ini adalah tentang kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pelanggan pengguna BPJS di instalasi rawat jalan RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan. Kualitas pelayanan kesehatan merupakan tingkat keunggulan pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan/pasien. Terdapat 5 dimensi kualitas menurut (Ruslan, 2014, hlm.284) dalam memenuhi harapan pelanggannya meliputi: Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangible. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui besaran pengaruh kualitas pelayanan Kesehatan terhadap kepuasan pelanggan pengguna BPJS Instalasi Rawat Jalan RSUP Fatmawati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan kesehatan dan Kepuasan Pelanggan. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dan kuesioner sebagai alat ukur. Populasi penelitian ini adalah Pengguna BPJS di instalasi rawat jalan pada bulan november sebanyak 19.998 dengan sampel penelitian 100 responden menggunakan rumus yamane. Hasil penelitian uji korelasi, nilai r sebesar 0,930 terdapat hubungan yang positif sangat kuat. Hasil uji hipotesis menyatakan di mana nilai t hitung 25,016 > t tabel 1,661 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS di Instalasi Rawat Jalan RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1310411056] [Ketua Penguji: Masayu S Hanim] [Penguji I : Supratman] [Penguji II(Pembimbing): Damayanti] |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pelanggan, Pengguna BPJS |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Luqman Imam |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 07:03 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 07:03 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1220 |
Actions (login required)
View Item |